Kamis, 05 Mei 2011

Manfaat Jeruk Nipis Dan Madu

Air jeruk nipis dikombinasikan dengan madu memberikan nutrisi penting, dapat meningkatkan berat badan dan dapat membantu meredakan gejala virus. Upaya pemulihan tersebut harus digunakan dalam hubungannya dengan gaya hidup sehat.Jeruk nipis adalah sumber alami vitamin C, vitamin B, karbohidrat, magnesium, fosfor, dan kalsium sedangkan Madu mengandung vitamin B, folat, vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor, dan kalium.

Selain bahannya yang mudah didapat,juga banyak sekali khasiat dan kegunaan dari jeruk nipis dan madu, diantaranya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti contohnya :
  • Ambeien. Ambil sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.
  • Amandel. Yakni dengan menggunakan kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur, lakukan 3-4 kali sehari.
  • Anyang-anyangan. Caranya, ambil dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas, aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.
  • Batuk. Untuk memanfaatkannya: ambil satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 1/2 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Sebaiknya diminum 2-3 kali sehari, atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.
  • Bau badan. Mengatasinya cukup mudah, potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi dan biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lakukan tiap pagi dan sore.
  • Batu ginjal. Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam dan Lakukan tiap hari selama 10 hari.
  • Difteri. Carany: ambil dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya, Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu, pergunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum dan Lakukan 3 kali sehari.
  • Demam atau flu. Ambil satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa dan oleskan pada kening penderita.
  • Haid tidak teratur. Ambil tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata dan minum selagi hangat, 3 kali sehari.
  • Agar perut terhindar dari keriput sehabis melahirkan. Cukup mudah, dengan satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. Anda lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.
  • Jerawat. Cukup mudah, yakni satu jeruk diirs kemudian digosokkan pada kulit wajah.
  • Mencegah rambut rontok atau berketombe. Yakni dengan dua jeruk dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya dan lakukan 3 kali seminggu.
  • Menghentikan kebiasaan merokok. Cukup Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih, dan lakukan beberapa kali sehari.
  • Vertigo. Ambil setengah genggam daun nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi dan lakukan 2 kali sehari.
  • Lendir di Tenggorokan. Anda potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas, tambahkan sedikit garam, kemudian aduk sampai rata.
  • Bagi yang ingin melangsingkan badan, tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau, anda minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari, dan lakukan setiap hari.
  • Madu yang diminum setiap hari bermanfaat sebagai antibiotik konvensional penangkal infeksi yang umum terjadi, seperti infeksi saluran kencing dan antidiare. Bila diminum dalam larutan kental bersama air, madu memberikan efek antibak-terial yang akan menghambat laju sejumlah bakteri penyebab mencret dan disentri, seperti Salmonella, Shigella, enteropato-genik E. coli, dan Vibrio cholera .
  • Madu juga dapat digunakan sebagai penyembuh luka dan anti-inflammatory (luka bakar) serta infeksi bekas operasi.
  • Kandungan vitamin B madu sangat tinggi dan komplet. Bisa dibilang, tak ada bahan makanan lain yang mempunyai vitamin B sekomplet madu. Dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B8, B9, hingga B12. Masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Contoh, vitamin B1 (tiamin) dapat menghindarkan penyakit jantung, sakit kepala, nafas pendek, dan cepat lelah. Sedangkan B2 dapat mencegah kulit kasar. Adapun B3, berperan dalam penurunan kadar kolesterol dalam darah, mencegah gangguan pencernaan, gangguan saraf dan depresi.
  • Madu yang diminum bersama air hangat dan perasan jeruk nipis dapat digunakan sebagai zat antitusif dan ekspektoran yang bisa mencairkan dahak serta melegakan tenggorokan.
  • Pepaya lebih baik lagi bila dicampur madu untuk membantu mengatasi gangguan buang air termasuk wasir dan sembelit.
  • Beberapa tetes madu dicampur dengan jus pepaya dapat membantu memperlancar aliran air susu ibu.
  • Jus pepaya dicampur susu dan madu merupakan tonikum yang baik untuk pertumbuhan anak serta stamina wanita hamil dan menyusui.
  • Jeruk peras ditambah madu yang diminum setiap hari dapat menjadi antibodi dan mempertahankan kekuatan tubuh.
  • Segelas air jeruk ditambah sedikit garam dan satu sendok makan madu, baik untuk penderita TBC, asma, masuk angin dan bronkitis.
  • Segelas penuh sari wortel dicampur satu sendok makan madu dan satu sendok teh sari jeruk nipis, diminum sebelum sarapan, dapat menanggulangi mual-mual pada wanita hamil, gangguan empedu, radang lambung, kencing sedikit dan tubuh letih serta lesu.
  • Segelas penuh sari mentimun dicampur satu sendok teh madu dan satu sendok teh sari jeruk nipis, diminum dua kali sehari, membantu memperlancar buang air kecil (diuretik), keracunan saat hamil dan kencing yang sedikit karena kurang cairan.
  • Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai.
  • Dalam madu, terdapat kandungan zat antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri yang ada pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Sedangkan, air jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah sehingga dapat mencegah kotoran menempel di wajah.
Nah itulah segelintir dari manfaat jeruk nipis dan madu,,dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya yang dihasilkan dari ke dua bahan tersebut,, ok sekarang selamat mencoba memanfaatkannya ^_^

See u...langue

4 komentar:

asik bisa dicoba temen2 yang kurus,,
n untuk kesehatan

seep..selamat mencoba ya,,,

thanks to comment ^_^

udh ampir 2 bln ini aq minum jeruk nipis tiap hari, entah dgn madu r gula n es..
apa ini ada efek sampingna ya?
tp yg dirasakan si emang siklus haid jd tepat waktu ;)

bapakku sakit ginjal, cuci darah 1 minggu 2 kali, gmn cara konsumsinya ya, ada yang menganjurkan diminum sewaktu bangun pagi dan dianjurkan sebelum makan pagi, apakah itu betul yam mohon info dan sarannya,
ke, denon_77ers@yahoo.co.id

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites